Asam Jawa

Asam Jawa. Asam Jawa tentulah tidak ajaib lagi untuk masyarakat di Indonesia. Apalagi dengan rasanya yang asam, menciptakan kita bisa mengelolah rasa asamnya menjadi minuman. Didaerah saya, biasanya belum dewasa sering mengambil buah asam ini yang jatuh dari pohonnya, Kemudian eksklusif dimakan. Terkadang asam ini dimakan dengan memberi adonan gula. Kaprikornus rasa asamnya sangat khas bagi kita, Asam Manis. Dibalik rasa asamnya itu, Buah ini mempunyai banyak keuntungannya dan cukup berguna untuk pengobatan suatu penyakit.
Asam Jawa
Klasifikasi Asam Jawa :
KANDUNGAN KIMIA : Asam Jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Buah asam jawa yang masak di pohon diantaranya mengandung nilai kalori sebesar 239 kal per 100 gram, protein 2,8 gram per 100 gram, lemak 0,6 gram per 100 gram, hidrat arang 62,5 gram per 100 gram, kalsium 74 miligram per 100 gram, fosfor 113 miligram per 100 gram, zat besi 0,6 miligram per 100 gram, vitamin A 30 SI per 100 gram, vitamin B1 0,34 miligram per 100 gram, vitamin C 2 miligram per 100 gram. Kulit bijinya mengandung phlobatannnin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati.

Manfaat Asam dan Khasiat Asam Jawa :
  1. Asam jawa bisa mengobati penyakit Asma. Caranya: ambillah 2 potong kulit pisang, asam jawa dan adaspulawaras. Rebuslah kedua materi tersebut dengan 1 liter air higienis sampai mendidih. Kemudian saring ramuan ini dan minumlah 2 kali sehari.
  2. Asam jawa bisa mengobati Batuk Kering. Caranya: ambil 3 buah asam jawa, kemudian 1 genggam daun saga. Lalu rebus sampai mendidih kedua materi tersebut dengan 4 gelas air bersih. Biarkan sampai tersissa 1 gelas. Lalu minumlah 2 kali sehari pada dikala pagi dan sore hari.
  3. Asam jawa bisa mengobati Demam. Caranya: ambillah satu genggam daun asam jawa yang masih muda, kemudian ambil juga sedikit adas pulawaras. Rebuslah kedua materi tersebut dengan setengah liter air dan biarkan sampai tersisa 1 gelas air. Minum secara teratur 2 kali sehari pagi dan sore hari.
  4. Asam jawa bisa mengobati Sakit Panas. Caranya: campurkan 2 buah asam jawa yang telah masak dengan garam dan 1 gelas air panas. Kemudian saringlah air asam ini. Minumlah secara rutin sampai panas turun. Bagi anda ibu-ibu yang sedang hamil sangat dihentikan untuk meminum minuman ini alasannya akan berakibat fatal untuk kandungan mereka.
  5. Asam jawa sanggup mengobati penyakit Reumatik. Caranya: ambillah 1 genggam daun asam jawa, 2-4 biji asam jawa kemudian tumbuklah kedua materi tersebut sampai halus. Lalu kompreskan ramuan pada bab badan yang sakit.
  6. Asam jawa bisa mengobati Sakit perut. Caranya: ambillah 3 buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih secukupnya dan minyak kayu putih secukupnya. Tumbuklah semua materi tersebut menjadi satu ramuan. Lalu gosokan ramuan gosok ini secara merata pada bab perut yang sakit.
  7. Asam jawa bisa mengobati Alergi atau dalam masyarakat jawa disebut Biduren. Caranya: ambillah 2-4 buah asam jawa yang sudah cukup bau tanah dan garam sedikit garam secukupnya. Tambahkan sedikit 4 sendok kapur sirih. Lalu semua materi direbus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih hinge menyisakan 2 gelas. Saring higienis ramuan ini dan kemudian minumlah 2 kali sehari pada pagi dan siang hari.
  8. Asam jawa bisa mengobati Sariawan. Caranya: rebuslah 2 buah asam jawa, 2 buah rimpang temulawak dan1 potong gula kelapa. Rebus sampai mendidih,kemudian saring ramuan ini untuk diminum sebagai ramuan penyembuah sariawan yang ampuh.
  9. Asam jawa bisa mengobati Luka baru. Caranya: lumatkan daun asam jawa yang sudah dikunyah halus pada bab badan yang terluka secara perlahan dan merata. Biarkan sampai agak mongering kemudian bersihkan dengan air hangat.
  10. Asam jawa bisa mengobati Luka borok. Caranya: tumbuklah 5 biji asam jawa sampai halus kemudian ratakan pada bab yang terluka kemudian perban dengan kain kasa yang bersih.
  11. Asam jawa sanggup mengobati Eksim dan Bisul. Caranya: tumbuk sampai halus 1 genggang daun asam jawa yang masih muda kemudian tambahkan 2 rimpang kunyit dengan ukuran sebesar ibu jari anda. Lalu tempelkan pada bab yang terluka.
  12. Asam jawa bisa mengobati Bengkak alasannya disengat lipan atau lebah.
Demikianlah buah Asam Jawa untuk kesehatan. Seperti yang kita lihat, Buah Asam Jawa ini sangatlah bermanfaat untuk pengobatan suatu penyakit. Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

No comments

Powered by Blogger.