Tips Menabung untuk Membeli Mobil, Pemula Harus Coba

Tingginya kebutuhan akan mobilitas tentunya membuat sebagian orang bermimpi untuk memiliki mobil pribadi. Hanya saja, setelah melakukan cek harga mobil bekas, tingginya harga mobil seringkali menjadi kendala bagi mereka yang tidak memiliki budget lebih. Namun demikian, selama Anda memiliki perencanaan keuangan yang baik, membeli mobil pribadi bukanlah hal mustahil walaupun anggaran Anda terbatas. Berikut ini merupakan tips menabung yang dapat Anda tiru:

 

  1. Fokus Pada Tujuan Awal Menabung

 

Menabung saja tidaklah cukup untuk memulai niatan membeli mobil. Sebab Anda pun harus fokus pada tujuan awal menabung. Dengan mengingat tujuan awal menabung, Anda akan semakin semangat dan bersungguh-sungguh untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan ini pula yang akan menjadi motivasi Anda dalam mengelola gaji bulanan. Tanpa adanya komitmen dan tujuan yang jelas, seseorang akan cenderung menghabiskan dana tabungan untuk keperluan lainnya.

 

  1. Hindari Pengeluaran yang Tidak Penting

 

Gaya hidup yang konsumtif dan hedonis cenderung membuat seseorang mudah menghabiskan uang untuk hal-hal tidak penting. Jika Anda termasuk seseorang yang terbiasa menjalani gaya hidup semacam ini, sebaiknya mulailah berhenti menghambur-hamburkan uang. Kurangi kebiasaan nongkrong di kafe, mall, dan belanja online agar keuangan lebih tertata. Selain itu, cobalah untuk membuat daftar kebutuhan selama sebulan agar pengeluaran lebih jelas.

 

  1. Terapkan Gaya Hidup Hemat

 

Agar keinginan Anda untuk membeli mobil segera terwujud, mulailah menerapkan gaya hidup hemat. Mulai dari menghemat penggunaan listrik, mengurangi kebutuhan yang tidak benar-benar diperlukan, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, prioritaskan yang paling penting. Selebihnya, gunakan dana yang tersisa untuk ditabung.

 

  1. Tentukan Jenis Mobil

 

Dilansir dari inews.id, untuk memiliki mobil dengan budget terbatas, Anda harus menentukan jenisnya terlebih dahulu. Apakah akan membeli mobil baru atau mobil bekas? Agar memiliki gambaran biaya yang diperlukan, cobalah cek harga mobil bekas ataupun mobil terbaru. Dengan begitu, Anda bisa tahu berapa banyak dana yang harus dikumpulkan. Selain itu, cara ini dapat membantu Anda untuk mengukur apakah harga mobil tersebut masih ideal dan dapat dijangkau dengan gaji yang Anda miliki.

 

  1. Cari Penghasilan Tambahan

 

Tak ada salahnya untuk mulai mencari penghasilan tambahan agar mobil impian Anda segera tercapai. Penghasilan tambahan bisa diperoleh dengan mencari pekerjaan tambahan. Seperti membuka bisnis kecil-kecilan dengan menjadi reseller atau dropship, menjadi tutor, membuka jasa sesuai skill yang Anda kuasai, dan masih banyak lagi. Meski hasilnya mungkin tak seberapa dibanding gaji pokok Anda, namun cara ini lumayan untuk menambah tabungan.

 

Dengan 5 tips di atas, Anda bisa segera memiliki mobil impian untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

No comments

Powered by Blogger.