Cara Praktis Memulai Bisnis dengan Modal Minim

Salah satu masalah yang sulit dihadapi oleh pelaku usaha (UMKM) ketika ingin memulai bisnis adalah modal. Keterbatasan dana sering menjadi pemicu seseorang malas berwirausaha. Seorang yang ingin memulai bisnis mereka butuh tempat, toko maupun gerobak.

Ya, tempat usaha selalu memerlukan modal yang cukup besar untuk seseorang yang ingin memulai usaha. Pembuatan gerobak saja membutuhkan setidaknya 1,5 juta. Modal sebanyak itu sudah pasti belum termasuk biaya bahan baku, promosi dan biaya lain yang tidak kalah banyak bahkan melebihi dari biaya pembuatan gerobak.

Lantas, bagaimana mengatasi masalah ini? Tidak ada yang tidak bisa diatasi. Namun, jika membahas semua dalam satu artikel mungkin akan sangat panjang. Tapi, kita bisa membahas untuk satu masalah saja, yaitu tempat atau pendirian toko.

Cara Praktis Memulai Bisnis dengan Modal Minim

Jika Anda berniat membuka sebuah bisnis, cobalah memulai dengan mengetes ide yang hanya membutuhkan modal kecil. Masalah pendirian toko bisa diatasi dengan memilih platform marketplace yang banyak tersedia di pasaran untuk membuka toko online.

Anda bisa membuka toko dengan membuat akun marketplace yang sudah banyak tersedia dan gratis tanpa dipungut biaya.

Berikut ini tiga keuntungan membuka toko pada platform marketplace.

Memiliki sebuah toko online dengan biaya murah
Membuka toko di platform marketplace jelas memiliki biaya yang relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan membuka toko online sendiri. Platform marketplace bisa menjadi perantara antara pembeli dengan pemilik bisnis.

Memiliki resiko lebih rendah
Resiko yang dimiliki dengan membuka toko online pada salah satu marketplace jelas lebih rendah. Maksudnya, memiliki resiko kecil jika bisnis yang kita jalankan tidak sesuai harapan. Kita tidak perlu pusing dengan biaya pengembangan situs, server dan lainnya seperti membuka toko online sendiri.

Mudah dijalankan
Jika membuka toko sendiri kita harus membagi fokus antara menciptakan produk dan mengelola toko. Tugas kita hanya membuat produk yang diinginkan oleh konsumen.

Setelah semuanya berjalan sesuai keinginan, keuntungan mulai mengalir kedalam pundi-pundi uang. Mulailah menggunakan modal yang lebih besar untuk mengembangkan bisnis dengan hati-hati. Membesarkan bisnis secara perlahan hingga pada akhirnya mengeluarkan biaya besar untuk bisnis lebih besar.


Ingatlah bahwa menjadi wirausaha bukan jalan mudah. Mungkin ada yang bilang tidak ada sukses dalam semalam. Ini hanya ungkapan yang menyatakan sukses memang tidak mudah, bahkan setelah menjalani proses terukur dari banyak percobaan dan jatuh bangun hingga kesuksesan datang. Jadi, sudah siapkah Anda memulai bisnis?

Belum ada Komentar untuk "Cara Praktis Memulai Bisnis dengan Modal Minim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel