Cara Mudah Menabung Rp 1 Juta Per Bulan

Cara Mudah Menabung Rp 1 Juta Per Bulan - Menabung merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan, terutama bagi yang gajinya pas-pasan. Namun, menabung itu penting untuk masa depan. Mau tidak mau, sulit maupun senang Anda  harus belajar untuk menabung.

Kebanyakan orang selalu menunda menabung karena alasan ada perlu. Ini harus dihindari agar Anda terbiasa menabung meski dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Jika Anda memiliki target tabungan di tahun ini. Mungkin sudah saatnya Anda perlu melakukan beberapa hal untuk mencapai target ini. Menabung tentunya butuh pengorbanan. Jika Anda menginginkan memiliki sesuatu, mungkin Anda harus menundanya atau Anda punya manajemen yang baik dalam mengatur keuangan sehingga bisa membeli apa yang Anda inginkan tanpa mengurangi jatah tabungan bulan ini.

Cara Mudah Menabung Rp 1 Juta Per Bulan

Cara Mudah Menabung Rp 1 Juta Per Bulan

Disini saya akan memberikan contoh dengan asumsi gaji per bulan Anda adalah Rp 3 juta atau lebih. Maka, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Memilih tempat tinggal

Jika Anda bekerja di kota yang sama dengan rumah orang tua. Sebaiknya memilih untuk tinggal bersama mereka. Hal ini tentu efektif untuk menghemat biaya hidup. Setidaknya Anda tidak mengeluarkan biaya per bulan untuk membayar kos.

Bagaimana jika Anda jauh dari kampung halaman? Anda perlu mempertimbangkan untuk mencari kos yang ekonomis. Ada baiknya Anda menyewa kamar kos dengan harga dibawah Rp 500 ribu.

2. Masak sendiri dan membawa bekal

Anda perlu mempertimbangkan untuk memasak sendiri kebutuhan Anda daripada membelinya di warung. Katakanlah Anda tidak pandai memasak, setidaknya Anda bisa membeli lauk saja sedangkan nasi bisa Anda masak sendiri karena cukup mudah dilakukan.

Jika jarak tempat kerja Anda jauh dari tempat tinggal. Tidak ada salahnya untuk membawa bekal, hal ini tentu akan membuat Anda lebih hemat lagi.

3. Kurangi nongkrong

Jika Anda suka nongkrong sendiri atau bersama teman. Mungkin sudah saatnya Anda harus mengurangi itu karena pengeluaran akan bertambah sehingga target tabungan bulan ini bisa saja kurang dari yang telah ditetapkan.

Sekali nongkrong setidaknya akan menghabiskan uang sebesar Rp 20.000. Ini hanya perkiraan paling minim. Untuk saat ini mungkin akan lebih besar. Uang sebanyak itu tentu sudah cukup untuk membeli makanan beberapa hari jika Anda memasak sendiri.

4. Olahraga

Kesehatan itu mahal. Jika Anda sakit dan harus pergi ke dokter, biaya yang dikeluarkan dalam hitungan ratusan ribut. Oleh karena itu Anda perlu menjaga kesehatan. Anda bisa saja olahraga di tempat gym. Namun, untuk ikut olahraga di tempat gym tentu memerlukan biaya yang cukup besar. Nah, untuk menjaga kesehatan, Anda perlu berolahraga. Tidak perlu mahal, Anda bisa jogging setiap pagi untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Tabungan adalah investasi untuk masa depan. Kebiasaan menabung itu bagus untuk mendapatkan kondisi finansial yang lebih baik di kemudian hari.

Terlatih untuk menabung sejak dini akan mendapatkan kondisi keuangan yang sehat di masa depan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menabung Rp 1 Juta Per Bulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel