Diskusi Teks Cerita Ulang Biografi "Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid"

Halo sobat, tulisan saya kali ini masih tentang pelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis teks cerita ulang biografi. Pembelajaran teks ini dimaksudkan untuk memperoleh wawasan yang lebih luas agar kalian terampil dalam berpikir secara kritis dan kreatif serta mampu bertindak efektif menyelesaikan masalah dalam kehidupan.

Pengertian Biografi dan Teks Certia Ulang

Biografi adalah catatan perjalanan kehidupan seseorang (tokoh). Sedangkan teks cerita ulang adalah catatan peristiwa dan rekaman sejarah. Teks cerita ulang biasanya menceritakan biografi tokoh dunia yang memiliki pengaruh besar terhadap dunia. Mereka biasanya orang-orang yang memiliki catatan sejarah memperjuangkan atau menemukan sesuatu untuk kebaikan banyak orang.

Nah, pada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 kurikulum 2013 ada materi teks ulang biografi yang menceritakan salah satu tokoh dunia asal Afrika, yaitu Nelson Mandela yang dikemas dalam cerita "Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid"

Setelah membaca cerita tersebut, maka kalian akan diminta untuk mendiskusikan teks cerita ulang biografi Nelson Mandela. Beberapa pertanyaan untuk kemudian kalian diskusikan bersama.

Bagaimana mendiskusikan cerita biografi Nelson Mandela atau tokoh terkenal lainnya? Tetunya, kalian harus membaca ceritanya terlebih dahulu sebelum mendiskusikan teks ulang biografi. Baca ceritat dengan seksama dan kutip beberapa poin penting dalam teks cerita ulang tersebut.

Contoh Diskusi Teks Cerita Ulang Biografi "Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid"

Diskusi Teks Cerita Ulang Biografi Nelson Mandela

Setelah membaca teks cerita ulang biografi "Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid". Maka kalian akan diminta untuk mendiskusikan beberapa hal berikut:

Dapatkah kalian membayangkan seperti apa sosok Nelson Mandela itu? Coba kalian ceritakan.

Contoh: Nelson Mandela adalah sosok yang luar biasa. Dia berjuang tanpa lelah untuk melawan sikap politik pemerintah yang memperlakukan kedudukan warga kulit hitam sebagai warga kelas bawah. Ia adalah simbol perlawanan terhadap Apartheid, dan seorang presiden Afrika yang sangat dicintai oleh warga negaranya.

Layakkah ia disebut sebagai seorang tokoh dunia? Berikan alasan kalian.

Contoh: Nelson layak disebut sebagai salah satu tokoh dunia paling berpengaruh. Sosok bersahaja ini sangat dihortmati, tidak hanya di negaranya sendiri, bahkan dunia menjadikannya contoh yang baik karena ia meninggalkan banyak pelajaran berharga.

Setujukah kalian dengan sifat pemaaf Nelson Mandela itu? Mengapa?

Contoh: Dia memilih jalan tanpa kekerasan sebagai perlawanan. Ia merupakan sosok pemaaf yang luar biasa.

Apakah kalian mengenal tokoh dunia lainnya? Siapa saja?

Contoh: Martin Luther King. Ia pejuang emansipasi rasial dan ia juga melakukan perlawanan tanpa kekerasan untuk memperjuangkan hak warga kulit hitam di Amerika.

Mengapa mereka disebut sebagai tokoh dunia? Apa yang telah mereka lakukan?

Contoh: Mereka adalah pejuang yang memperjuangkan hak dan kebebasan bagi banyak orang. Catatan peristiwa sejarah mereka memberi banyak pelajaran bagi dunia.

Demikianlah contoh diskusi teks cerita ulang biografi Nelson Mandela. Kalian bisa mengembangkan diskusi yang lebih panjang lagi karena disini saya telah memberikan contoh singkatnya. Sekarang tinggal bagaimana kalian mengembangkan diskusi yang lebih lengkap.


Belum ada Komentar untuk "Diskusi Teks Cerita Ulang Biografi "Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel