Pengertian Orientasi, Komplikasi, Resolusi, Koda, Teks Cerita Sejarah dan Ciri Kebahasaan

Halo teman, adik-adik. Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang pengertian orientasi, komplikasi, resolusi, koda, teks sejarah dan ciri kebahasaan teks sejarah. Kebetulan waktu sekolah dulu saya senang dengan pelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra. Jadi, dalam blog ini mungkin saya akan lebih banyak membahas tentang pelajaran bahasa.

Bagi kamu yang suka menulis, apa yang dibahas disini akan sangat berguna dan tentunya menambah pengetahuan, mendapatkan jawaban dari materi pelajaran dan membuat kamu lebih pintar.

Pengertian Orientasi, Komplikasi, Resolusi, Koda, Teks Cerita Sejarah dan Ciri Kebahasaan


Orientasi adalah awal atau pengenalan dari sebuah cerita atau peristiwa sejarah. Biasanya berisi perkenalan tentang tokoh-tokoh dalam cerita yang akan diceritakan.

Contoh orientasi: Pada zaman dahulu hiduplah seekor rusa yang sedang berjalan di padang rumput nan hijau dengan bahagia, karena ia baru saja mendapatkan tempat baru dengan sumber makanan yang melimpah.

Komplikasi adalah saat terjadinya sebuah masalah yang dihadapi oleh sang tokoh utama dalam cerita.

Contoh komplikasi: Sampai sang rusa sedang bahagian, ternyata banyak rintangan yang akan dilalui rusa yang sedang berbahagia ini. Di padang rumput tersebut juga di huni oleh binatang lain termasuk binatang buas.

Resolusi adalah cerita dimana sang tokoh utama mendapatkan ide unutk memecahkan masalah yang berada dalam komplikasi.

Contoh resolusi: Sang rusa tadi pun mendapatkan ide untuk menyelesaikan masalahnya dengan mencari teman dari kelompok rusa lain. Dan, ia pun bahagia karena telah mendapatkan teman dari bangsanya sendiri.

Koda adalah bagian akhir dari cerita yang mengandung makna dari cerita atau amanat yang dapat diambil dari cerita tersebut.

Contoh koda: Kita harus bahagia memiliki teman, karena selain merasa aman. Memiliki teman juga membuat kita tidak merasa kesepian meskipun kita ditempat yang indah dan memiliki segalanya, tanpa teman kita akan sendiri dan tidak merasa bahagia.

Ada cerita sejarah tentu ada teks cerita sejarah. Nah, disini saya juga akan berbagi tentang apa itu teks cerita sejarah dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah.

Teks cerita sejarah adalah teks yang menceritakan suatu peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau dan berdasarkan fakta. Peristiwa sejarah tersebut disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu terjadinya, dan peristiwa tersebut memiliki makna penting bagi kehidupan masyarakat. Sebuah teks dapat disebut teks cerita sejarah apabila strukturnya seperti struktur teks cerita sejarah. Selain itu di dalam teks cerita sejarah terdapat beberapa ciri kebahasaan.

Ciri kebahasaan teks cerita sejarah ditandai dengan adanya pronomina atau kata ganti, kata-kata yang menunjukan kejadian atau peristiwa, adanya kata kerja (verba) material, dan konjungsi (kata penghubung) temporal. Dalam teks sejarah bisa didapatkan beberapa kaidah kebahasaan di antaranya penggunaan konjungsi atau kata sambung yang menyatakan urutan peristiwa dan fungsi keterangan yang menyatakan waktu, tempat dan cara. Teks sejarah yang memang mengemukakan kejadian yang telah terjadi pada zaman dulu tentu waktu peristiwa itu harus jelas, begitu pun dengan tempat kejadiannya harus jelas pula.

Demikianlah artikel ini, semoga membantu dan bermanfaat untuk menambah ilmu.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Orientasi, Komplikasi, Resolusi, Koda, Teks Cerita Sejarah dan Ciri Kebahasaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel