Pengertian Teks Ulasan, Struktur Beserta Contohnya

Teks ulasan merupakan salah satu materi pelajaran SMA kelas XI. Nah, disini saya akan membahas tentang pengertian teks ulasan, struktur berikut contohnya. Bagi kamu yang sedang mencari informasi untuk mengerjakan tugas. Semoga pembahasan teks ulasan disini bisa menambah bahan untuk tugas kamu.

Pengertian Teks Ulasan

Menurut KBBI, teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli pengarang, kutipan dari kitab untuk ajaran atau alasan, bahan tertulis untuk memberikan pelajaran, pidato dan lain sebagainya. Sedangkan ulasan adalah penilaian pada sesuatu yang disampaikan untuk memberikan informasi.

Pengertian Teks Ulasan, Struktur Beserta Contohnya

Teks ulasan adalah teks yang berisi penilaian pada suatu karya atau hasil. Teks ulasan biasa menilai tentang suatu karya. Dalam hal ini, katakanlah teks ulasan film, drama dan lain sebagainya.

Biasanya teks ulasan menceritakan tentang film yang akan di ulas untuk tujuan menarik peminat/penonton film tersebut. Perlu kamu perhatikan, untuk membuat teks ulasan tentang film atau drama. Sampaikan dengan sebenarnya, jangan terlalu melebihkan atau mengurangi isi dari film/drama tersebut.

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks ulasan terdiri dari beberapa bagian untuk membangun suatu kesatuan teks yang utuh. Adapun bagian-bagian tersebut adalah orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Berikut penjelasan dari masing-masing bagian teks ulasan.

  1. Orientasi. Bagian ini berisi gambaran umum dari sebuah karya (drama/film). Teks ini akan menjelaskan gambaran umum atau latar belakang dari sebuah karya.
  2. Tafsiran. Bagian ini menjelaskan detail sebuah karya yang akan diulas. Misalnya membahas bagian yang paling menarik, unik atau sesuatu yang beda dari sebuah karya.
  3. Evaluasi. Bagian ini berisi pandangan dari pengarang (yang mengulas) terhadap karya yang diulasnya. Evaluasi dilakukan setelah melakukan tafsiran. Pada bagian ini pengarang akan menulis ulasan seperti kelebihan dan kekurangan pada suatu karya.
  4. Rangkuman. Bagian ini berisi tentang kesimpulan dari karya yang diulas oleh pengarang. Termasuk komentar, penilaian untuk menyampaikan kualitas suatu karya.

Contoh Teks Ulasan Singkat

Orientasi
Film Laskar Pelangi diangkat dari novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan pada tahun 2005 oleh penerbit Bentang Pustaka. Film ini dibintangi oleh Cut Mini, Ikranagara, Slamet Rahardjo Djarot, Mathias Muchus, Teuku Rifnu Wikana dan 12 anak asli Belitung yang memiliki bakat akting. Rencananya film yang disutradari oleh Riri Riza ini akan dirilis pada 26 September 2008. Selain kisahnya yang inspiratif, dalam film ini juga disuguhkan pemandangan Pulau Belitung yang indah.

Tafsiran
Diceritakan 10 orang anak desa yang ingin bersekolah namun tidak memiliki biaya untuk bersekolah di sekolah unggulan. Adalah Bu Muslimah (Cut Mini) dan Pak Harfan (Ikranagara) yang ingin membangun sekolah SD Muhammadyah. Hari pertama pembukaan kelas baru kejadian menegangkan terjadi dimana dalam kelas tersebut hanya ada 9 murid. Kurang 1 orang sebagaiman persyaratan bagi sekolah agar tidak di tutup.

Hari itu, seorang murid bernama Harun datang untuk menjadi murid ke-10 di SD Muhammadiyah. Perasaan senang meliputi guru dan murid karena sekolah mereka bisa tetap bediri. Ke-10 murid ini kemudian diberi nama Laskar Pelangi.

Evaluasi
Film yang berlatar belakang Pulang Belitung ini menceritakan tentang keinginan anak Laskar Pelangi untuk bersekolah. Merekan berjuang untuk tetap bisa bersekolah meski banyak tantangan dan rintangan yang harus mereka hadapi. Disinilah keistimewaan anak-anak Laskar Pelangi, mereka tetap berjuang dan bertahan untuk tetap bersekolah meski dengan keadaan mereka yang susah.

Rangkuman
Sebuah film inspiratif yang patut untuk ditonton dimana ada banyak pelajaran yang didapatkan dari film ini. Menampilkan hidup serba kekurangan namun tetap memiliki semangat untuk menuntut ilmu. Ini adalah sebuah film terbaik karya anak bangsa terbaik yang akan mengharumkan nama bangsa ini. Film Laskar Pelangi bisa masuk dalam agenda wajib nonton bersama keluarga tercinta.

Demikianlah informasi tentang pengertian teks ulasan, struktur dan contoh teks ulasan. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu dan membantu dalam pencarian bahan untuk tugas sekolah.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Teks Ulasan, Struktur Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel