Perbedaan Orientasi dan Reorientasi dalam Teks Cerita Sejarah

Pada pelajaran teks cerita sejarah kita sudah mengenal yang namanya orientasi, urutan peristiwa dan reorientasi. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan pengertian orientasi dan reorientasi lengkap dengan perbedaan keduanya.

Secara umum, teks cerita sejarah adalah teks yang berisi cerita tentang peristiwa di masa lalu. Cerita tersebut bisa berupa bencana alam. Dalam pelajaran ini biasanya kalian akan diminta untuk menulis contoh teks cerita sejarah seperti bencana gempa di Sumatera Barat, cerita Tsunami di Aceh dan cerita tentang bencana alam lainnya yang pernah terjadi.

Perbedaan Orientasi dan Reorientasi dalam Teks Cerita Sejarah


Membuat teks cerita sejarah sebenarnya tidaklah sulit asal kalian sudah tahu tentang cerita tersebut dan memahami struktur teks cerita sejarah. Sebelum menjelaskan perbedaan orientasi dan reorientasi, ada baiknya saya menjelaskan dulu pengertian ketiga struktur teks cerita sejarah dibawah ini.

Orientasi adalah awal atau pengenalan dari sebuah cerita atau peristiwa sejarah. Biasanya berisi perkenalan tentang tokoh-tokoh dalam cerita yang akan diceritakan.

Urutan Peristiwa atau insiden adalah rekaman peristiwa sejarah yang pernah terjadi. Urutan peristiwa ini biasanya disampaikan secara kronologis (berurutan).

Reorientasi adalah bagian yang biasanya berisi komentar dari penulis tentang peristiwa sejarah yang diceritakan di dalam teks.

Dari pengertian ketiga struktur diatas, kita sudah dapat menyimpulkan perbedaan antara orientasi dan reorientasi.

Perbedaan Orientasi dan Reorientasi

Orientasi atau pengenalan adalah paragraf awal dari teks cerita sejarah yang menceritakan awal peristiwa, pengenalan tokoh dan latar belakang sebuah peristiwa. Sedangkan reorientasi merupakan bagian akhir yang berisi komentar atau pandangan dari penulis cerita peristiwa sejarah yang diceritakan. Reorientasi bisa di tulis dan bisa tidak. Namun, tanpa orientasi sebuah cerita peristiwa sejarah tentu kurang lengkap.

Sekian artikel ini, semoga kalian sudah mengerti tentang perbedaan orientasi dan reorientasi dalam teks cerita sejarah.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Orientasi dan Reorientasi dalam Teks Cerita Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel