Struktur Teks Ulasan: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Rangkuman

Teks Ulasan adalah materi pelajaran Bahasa Indonesia SMA. Bagi kalian yang sedang duduk di kelas 11 pasti sudah mengenal materi pelajaran ini atau sedang belajar pada materi ini. Disini kita akan mengenal struktur teks ulasan berikut contoh singkat teks ulasan.

Sebelum saya menjelaskan struktur teks ulasan. Ada baiknya kita mengenal apa itu teks ulasan, pengertian teks ulasan serta tujuannya.

Pengertian Teks Ulasan
Teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan dari sebuah karya. Biasanya teks ulasan akan mengulas karya seperti film dan drama. Ulasan yang disajikan sangat lengkap dalam struktur teks ulasan yang disusun secara berurutan.

Tujuan dari teks ulasan yaitu menyampaikan kepada pembaca tentang ulasan karya (film atau drama) untuk menarik minat pembaca agar tertarik untuk menonton karya tersebut.

Struktur Teks Ulasan (Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Rangkuman)

Struktur Teks Ulasan: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Rangkuman

Adapun struktur teks ulasan adalah sebagai berikut:


  1. Orientasi. Bagian ini juga disebut sebagai awal atau perkenalan. Pada bagian ini akan dijelaskan latar belakang dan gambaran umum suatu karya.
  2. Tafsiran. Bagian tafsiran berisi gambaran umum secara detail. Dalam bagian ini biasanya disampaikan hal-hal menarik, unik dan hal-hal yang bisa memikat minat pembaca untuk menyaksikan karya (film atau drama).
  3. Evaluasi. Bagian ini berisi pandangan penulis tentang suatu karya. Usahakan pada bagian ini ulasan karya di tulis berdasarkan fakta.
  4. Rangkuman. Bagian ini berisi kesimpulan dari suatu karya yang diulas. Bagian akhir dari struktur teks cerita sejarah ini juga berisi komentar penulis terhadap karya tersebut, apakah berkualitas, menarik atau tidak untuk disaksikan.


Contoh Teks Ulasan

Orientasi. Pada bagian orientasi kalian bisa menjelaskan tentang gambaran umum seperti tanggal rilis, sutradara, penulis skenario dan pemain dalam film/drama.

Tafsiran. Pada bagian ini kalian bisa menulis sinopsis atau jalan cerita. Sampaikan hal-hal menarik dalam cerita untuk menarik minat pembaca. Hal-hal yang bisa kalian sampaikan bisa berupa penjelasan lokasi atau tempat. Alur cerita disampaikan secara detail agar pembaca bisa membayangkan bagaimana cerita tersebut berjalan.

Evaluasi. Setelah menulis bagian orientasi dan tafsiran, kalian bisa menulis bagian evaluasi berdasarkan pandangan kalian pada hasil karya tersebut. Kalian juga bisa memberikan pandangan pada suatu adegan atau segmen-segmen yang kalian rasa perlu untuk memberikan evaluasi atau komentar tertentu.

Rangkuman. Kesimpulan dari awal bisa kalian sampaikan pada bagian ini. Kalian bisa menulis komentar tentang kualitas sebuah karya serta komentar tentang kelayakan hasil karya tersebut bagus atau tidak untuk disaksikan.

Demikian tulisan Struktur Teks Ulasan: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Rangkuman ini saya sampaikan. Semoga bisa menambah pengetahuan serta membantu dalam mencari referensi untuk tugas sekolah.

Belum ada Komentar untuk "Struktur Teks Ulasan: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Rangkuman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel