Sumber Daya Ekonomi, Penjelasan dan Contohnya

Sumber Daya Ekonomi, Penjelasan dan Contohnya - Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang pelajaran ekonomi yang akan membahas tentang Sumber Daya Ekonomi. Dalam materi pelajaran ini sebenarnya membahas banyak aspek. Namun, disini saya menjelaskan lebih singkat saja mengambil inti pelajaran Sumber Daya Ekonomi.

Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pusat atau inti permasalahan ekonomi adalah adanya kelangkaan (scarcity).

Kelangkaan dapat diartikan sebagai suatu kondisi ketika kebutuhan manusia sangat tidak terbatas sementara sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tersebut sangat terbatas jumlahnya. Untuk mengatasi kelangkaan tersebut, manusia melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhannya. Upaya-upaya tersebut antara lain memproduksi barang dan jasa guna menambah kuantitas dan kualitas sumber daya yang tersedia.

Sumber Daya Ekonomi, Pengelompokkan, Penjelasan dan Contohnya

Pengelompokkan Sumber Daya Ekonomi, Penjelasan dan Contohnya

Sumber daya diperlukan untuk dapat memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan manusia. Namun, sumber daya yang tersedia tidak cukup untuk memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan. Jadi, langka bukan berarti sedikit, tetapi adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia dan sumber daya yang tersedia.

Kelangkaan sumber daya ekonomi merupakan salah satu permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh manusia, selain masalah kebutuhan manusia terhadap sumber daya ekonomi. Oleh karena itu, masalah kelangkaan berhubungan erat dengan kebutuhan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sumber daya ekonomi dapat dikelompokkan menjadi:

1. Sumber Daya Alam
2. Sumber Daya Manusia
3. Sumber Daya Modal
4. Sumber Daya Kewirausahaan (Entrepreneurship)

Penjelasan tentang Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources)

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan atau mengganti diri (reproduksi) melalui proses alami atau dengan campur tangan manusia dan manajemen yang tepat.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sebagian besar tanaman dan hewan-hewan, air, dan udara.

2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (non renewable resources).

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak memiliki kemampuan untuk mempertahankan atau mengganti diri (reproduksi) baik tanpa atau dengan campur tangan manusia. Sebagian besar dari sumber daya ini sedang dieksploitasi melebihi kemampuan pulihnya, walaupun ada yang dapat digunakan berkali-kali seperti minyak bumi, mineral, dan kayu hutan tropis.

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi yang merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan. Oleh sebab itu patut kita jaga agar sumber daya alam ini tetap lestari.

Penjelasan tentang Penjelasan tentang Sumber Daya Manusia

Dalam kegiatan ekonomi, sumber daya manusia merupakan faktor produksi paling penting karena berbagai macam pekerjaan dalam berbagai tingkat keahlian, keterampilan, dan pengetahuan dilakukan oleh tenaga kerja. Singkatnya, sumber daya manusia adalah tenaga kerja.

Kemajuan ekonomi suatu negara sangat erat kaitannya dengan sumber daya manusia. Oleh sebab itu, banyak negara yang mengutamakan pendidikan di negara mereka agar menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki keterampilan yang baik.

Penjelasan tentang Sumber Daya Modal

Sumber daya modal tidak terbatas berupa uang, tetapi dapat pula berupa barang modal, seperti peralatan, mesin-mesin, dan bangunan. Modal dalam definisinya yang paling luas adalah segala sesuatu yang sudah diproduksi yang akan digunakan untuk memproduksi barang atau jasa lainnya.

Seperti telah dikemukakan, barang modal terdiri atas mesin-mesin, alat-alat besar, instalasi-instalasi pabrik, gedung-gedung, meja, jalan, jembatan, bangku, dan alat-alat pengangkutan. Semuanya telah dibuat oleh manusia dan digunakan dalam proses produksi sepanjang waktu.

Sumber daya modal tidak kalah penting dengan sumber daya manusia. Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sudah tidak asing mendengat kabar tentang sebuah perusahaan yang bangkrut akibat kekurangan modal. Usaha yang tidak berkembang karena keterbatasan modal. Dan banyak lagi dampak buruk dari sumber daya modal yang tidak memadai.

Penjelasan tentang Sumber Daya Kewirausahaan (Entrepreneurship)

Menurut Soeparman Soemahamidjaja, orang kali pertama yang menggunakan kata "entrepreneurship" adalah Richard Cantillon dalam 'Essai sur la nature du commerce' (1755), sebutan bagi para pedagang yang membeli barang di daerah-daerah dengan menetapkan harga pembelian untuk dijual secara partai besar maupun secara eceran, namun dengan harga yang tidak pasti. Karakteristik dari seorang entrepreneurship adalah “memikul beban ketidakpastian”.

Dalam hubungannya dengan manajemen, entrepreneur dapat diartikan sebagai orang yang memiliki dan menggunakan sumber daya finansial (uang), bahan mentah (materials), dan tenaga kerja untuk menghasilkan produk baru, bisnis proses produksi, atau pengembangan organisasi usaha. Dengan demikian, seorang entrepreneur memiliki kemampuan untuk menciptakan produk baru dan berbeda dengan menggunakan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa. Orang-orang yang memiliki kualitas sebagai entrepreneurship ini jumlahnya terbatas atau langka.

Baca juga: Cerita Tentang Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM)

Daftar Pustaka:
Buku Mengasah Kemampuan Ekonomi oleh: Bambang Widjajanta, Aristanti Widyaningsih (Hal. 7-10)

Belum ada Komentar untuk "Sumber Daya Ekonomi, Penjelasan dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel