Teks Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Sejarahnya

Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan teks yang dibacakan oleh presiden Ir. Soekarno pada hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945. Setiap tahunnya kita akan mendengarkan pembacaan teks ini, baik di televisi maupun secara langsung ketika mengikuti upacara bendera 17 Agustus. Nah, tahun ini Indonesia sudah merdeka selama 71 tahun, dan hari besar ini harus dirayakan dengan penuh semangat.

Berbagai cara dilakukan memperingati hari kemerdekaan Indonesia, bahkan sebelum hari perayaan itu tiba. Sebelum memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71 pada tahun 2016 ini. Di berbagai daerah sudah banyak melakukan acara, mulai dari pesta rakyat hingga berbagai macam perlombaan.

Nah, apakah kalian sudah siap memperingati hari bersejarah ini? Apa yang akan kalian lakukan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia? Tidak perlu melakukan hal besar, cukup dengan belajar yang rajin kalian sudah melakukan hal yang besar bagi bangsa ini.

Mari kita bacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia berikut ini sebagai penghormatan kepada bangsa dan para pejuang yang telah memberikan semuanya untuk kemerdekaan Indonesia.

Teks Proklamasi

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05.
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta

Dalam teks proklamasi di atas masih digunakan bahasa Indonesia ejaan lama. Jika menggunakan bahasa dari Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), maka akan dibaca seperti berikut:

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 - 8 - 05
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno - Hatta

Sejarah teks proklamasi

Kalimat pertama teks Proklamasi adalah saran Ahmad Soebardjo yang diambil dari rumusan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dan kalimat terakhir disarankan oleh Mohammad Hatta. Ir. Soekarno menulis teks naskah "Proklamasi Klad", yang isinya sebagai berikut:

Teks Proklamasi
Teks Proklamasi asli tulisan tangan Ir. Soekarno
Kemudian, Mohamad Ibnu Sayuti Melik mengetik teks naskah proklamasi yang telah mengalami perubahan, yang dikenal dengan sebutan naskah "Proklamasi Otentik", yang isinya sebagai berikut :

Teks Proklamasi
Teks proklamasi yang diketik oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik
Nah, itulah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Semoga dengan membaca teks proklamasi ini semangat kemerdekaan dalam hati kita akan terus berkobar hingga menjadi semangat membangun Republik Indonesia tercinta ini. Merdeka!!!!!!

Belum ada Komentar untuk "Teks Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Sejarahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel