Pengertian Skimming dan Scanning Lengkap dengan Tujuan serta Manfaatnya

Halo mas bro dan mbak bro. Sudah lama rasanya tidak menulis di blog ini. Jika kalian melihat urutan posting di halaman beranda, kalian pasti menemukan jarang sekitar 2 bulan tidak update artikel. Tapi, bukan berarti tidak aktif. Selama jarang update saya tetap periksa komentar yang menunggu moderasi, cuma lebih banyak yang tidak di publish sih, maklum banyak yang promosi bisnis.

Baiklah, pada kesempatan ini saya ingin memberikan informasi untuk kakak-kakak dan adik-adik yang masih sekolah. Ya, sambil mengingat kembali pelajaran yang pernah dulu saya pelajari di sekolah. Pembahasan kali ini masih seputar pelajaran Bahasa Indonesia yang tidak lain adalah mata pelajaran favorit saya dulu. Inilah Pengertian Skimming dan Scanning Lengkap dengan Tujuan serta Manfaatnya. Silahkan dibaca dan di hafal dengan baik.

Pengertian Skimming dan Scanning Lengkap dengan Tujuan serta Manfaatnya

Inilah Pengertian Skiming dan Scanning Lengkap dengan Tujuan serta Manfaatnya. Silahkan dibaca dan di hafal dengan baik.

Skimming adalah suatu teknik membaca dengan kecepatan tinggi untuk mencari hal-hal yang penting atau ide pokok dari suatu bacaan. Keterampilan membaca yang sangat berguna ialah skimming. Yang melibatkan pembaca sepintas dan cepat untuk mendapatkan kesan keseluruhan dan umum.

Salah satu keterampilan komprehensif yang paling penting adalah kemampuan membaca sepintas secara cepat keseluruhan bahan bacaan. Ada dua macam cara membaca sepintas (fleming, 1968). Salah satunya adalah membaca secara cepat untuk menemukan jawaban suatu pertanyaan yang sangat spesifik seperti nama, tanggal, nomor telepon, dan sebagainya.

Cara membaca ini sering disebut scanning. Jadi, scanning adalah suatu teknik membaca cepat untuk mendapatkan suatu informasi tanpa membaca yang lain-lainnya.

Tujuan dan Manfaat Skimming dan Scanning

Skimming dan scanning merupakan teknik membaca cepat yang sering dilakukan oleh pembaca. Kedua tehnik ini sebenarnya sangat fungsional terutama dalam kegiatan sehari-hari.

Suatu keterampilan membaca yang diatur secara sistematis untuk mendapatkan hasil yang efisien untuk berbagai tujuan, seperti berikut ini:


  • Mengenali topik bacaan
  • Mengetahui pendapat orang
  • Mengetahui organisasi penulisan
  • Mendapatkan bagian penting yang kita perlukan tanpa membaca keseluruhan
  • Penyegaran apa yang pernah kita baca


Adapun manfaat skimming dan scanning antara lain:


  1. Dapat mencari suatu informasi khusus yang diperlukan dari sebuah teks bacaan atau buku secara cepat dan efisien.
  2. Dapat menjelajahi banyak halaman buku dalam waktu yang singkat.
  3. Tidak terlalu banyak membuang-buang waktu mencari sesuatu yang diinginkan dari buku, khususnya tindakan yang tidak menunjang terhadap pencarian informasi tersebut.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian Skimming dan Scanning Lengkap dengan Tujuan serta Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel